Minuman Kegemaran Yana Zein Jadi Penyebab Kanker? Begini Penjelasan Ilmiahnya!

Yana Zein meninggal dunia pada Kamis (1/6/2017) sekitar pukul 01.05 WIB.

Aktris senior itu menghembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan kanker payudara stadium akhir.

Sebelumnya, Yana Zein sempat menjalani pengobatan di di Modern Cancer Guangzouw Hospital, Tiongkok.

Kurang lebih setahun lamanya Yana berjuang melawan penyakit ganas tersebut.

Sementara itu, supir pribadi Yana, Oli, mengungkap kemungkinan penyakit kanker Yana akibat kebiasaan tak sehat Yana.

Oli menuturkan Yana terlalu banyak mengkonsumsi Cola.

"Kalau gejalanya mungkin kebanyakan waktu syuting minum cola,” ungkap Oli, saat ditemui di depan Kediaman Yana Zein di Mega Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (1/6/2017), seperti dikutip dari Grid.ID.

Oli yang sudah mengenal Yana selama 10 tahun itu mengatakan saat di lokasi syuting harus tersedia minuman bersoda itu.

"Kalau syuting harus ada cola, kalau enggak ada cola, dia enggak mau, mungkin itu kali efeknya," jelas Oli.

Meski Yana memiliki gaya hidup tak sehat, namun supirnya juga mengungkap bahwa Yana sama sekali tak mengkonsumsi narkoba.

"Kalau narkoba saya jamin enggak pernah," tutur Oli.

Lalu apakah benar minuman bersoda bisa memicu kanker payudara?

Menurut ilmuwan dari University of Texas MD Anderson Centre, Amerika Serikat, gula yang ada di dalam minuman cola, memang bisa membuat wanita yang kecanduan terkena kanker payudara.

Bahkan jika kebiasaan tak sehat tersebut diteruskan, kandungan gula dari minuman itu bisa menyebabkan kanker di payudara menyebar ke paru-paru.

Melansir dari Grid.ID, setiap kali kita mengonsumsi minuman bersoda dan yang mengandung banyak fruktosa, maka resiko terkena kanker payudara akan meningkat 15 persen.

"Kami menemukan bahwa fruktosa yang ada dalam tabel gula dan sirup jagung di minuman, yang menjadi biang penyebaran sel kanker dan produksi zat berbahaya lain dalam kanker payudara,"ujar Profesor Lorenzo Cohen,pimpinan Penelitian tesebut.

Sementara itu, peneliti lain, Dr Peiying Yang, meyakini bahwa konsumsi gula berlebih sangat mempengaruhi perkembangan sel kanker payudara.

Tak hanya itu, bahaya minuman bersoda yang bisa memicu perkembangan sel kanker, minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler, diabetes dan obesitas.

Seperti dilansir dari KOMPAS.com, konsumsi berlebih minuman bersoda juga bisa menghalangi kinerja otak.

Minuman bersoda bisa mengakibatkan hiperaktif dan menghalangi kinerja ratusan protein di dalam otak.


"Pada orang dewasa, konsumsi minuman bersoda berdampak besar pada asupan kalori per hari. Konsumsi dalam jangka panjang mengakibatkan perubahan tingkah laku dan kimia otak . karena itu, bila haus minumlah air. Minuman bersoda tak boleh terlalu sering dikonsumsi," kata periset Jane Franklin dari Macquarie University, Sidney. (TribunWow.com/Ekarista Rahmawati P.)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer