Menohok, Tere Liye: Derita #sayapancasila

*Derita #sayapancasila

Kalian tahu harga paket data paling mahal di Indonesia itu dari provider apa? Wah, pasti panjang debat soal ini. Ada yang bilang nggak mahal2 amat, bla-bla-bla, ada yang bilang karena fasilitasnya bagus, banyak alasannya kenapa mahal, dan masuk akal juga. Tapi bukankah perusahaan ini 65% milik Telkom (dan Telkom sendiri 52% milik Pemerintah Indonesia), itu artinya, perusahaan ini sebagian milik kita. Itu artinya, bisa dong kita galak, namanya juga kita punya saham. Eh, sebaliknya, kita justeru dikasih harga mahal. Jadi bingung. Kenapa perusahaan yg sejak dulu selalu diberikan privelege, kemudahan bisnis, malah lebih mahal?


Kalian tahu laba bersih PLN tahun 2016? 10,5 Trilyun. Dan PLN terus menghabisi subsidi PLN. Banyak alasannya kenapa mereka melakukan itu, dan masuk akal juga. Tapi bukankah PLN itu yg punya kita semua, 100%? Itu berarti 100% milik 260 juta rakyat Indonesia, bukan? PLN itu bukan punya Presiden, apalagi punya Menteri BUMN. Coba sesekali PLN itu bikin rapat umum pemegang saham, dengan mengundang perwakilan rakyat kecil. Coba sesekali kami ini, pemilik PLN, gantian menikmati ruang kerja mewah, gaji tinggi, bonus, dsbgnya. Catat itu broh, 10,5 trilyun untungnya, eh, masih galak juga sama rakyat Indonesia. Kami ini pemiliknya atau bukan, sih?

Kalian tahu, mau masuk Fakultas Kedokteran universitas negeri di Indonesia itu muahal sekali (juga fakultas2 lainnya)? Wah, lagi2 pasti panjang debat soal ini. Subsidi silang, bla-bla-bla, yang satu dua juga masuk akal sih. Tapi bingungnya, bukankah universitas negeri ini punya rakyat? Dan tujuannya buat mencerdaskan kehidupan bangsa? Wah, kalau masuk ke sana sudah kayak paket ekonomi, paket VIP, paket super VIP, situ sih bukan punya kami lagi, itu perusahaan swasta. Atau kamilah yang bego sekali memahami logikanya?

Mungkin inilah maksudnya #sayapancasila. Situ yang menikmati enaknya jadi warga negara Indonesia, kami rakyat kecil yang harus menanggung semua derita.

*Tere Liye, murid bandel dan berisik di kelas

**sesekali kalian lebih semangat share yg beginian lah daripada share quote2 cinta. syukur2 dibaca mereka, dan besok2 setiap hari pancasila, sebulan penuh gratis internetan dan gratis bayar PLN. ayo di share, nggak perlu ijin lagi[www.tribunislam.com]





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer