Dicatut Namanya dalam Kasus Dugaan Korupsi Alkes, Begini Pengakuan Amien Rais!

Amien Rais memberikan klarifikasinya terkait pencatutan namanya dalam kasus dugaan korupsi dana pengadaan alat kesehatan (Alkes).

Penyalahgunaan wewenang tersebut dilakukan dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan.

Untuk menjawab tuduhan jaksa KPK tersebut, Amien Rais pun menggelar keterangan pers di kediamannya di Perumahan Taman Gandaria, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017).

Tim TribunWow.com memantau keterangan pers tersebut melalui tayangan langsung dari Tribunnews.com.

Keterangan pers ini hanya berlangsung sebentar saja dan tidak adanya sesi tanya jawab pada keterangan pers kali ini terkait kasus korupsi yang mencatut nama kedua Mantan Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dan Soetrisno Bachir.

Secara cepat, Amien Rais membacakan pernyataan dan klarifikasinya kepada awak media yang hadir di kediamannya saat itu.

Amien Rais mengatakan, setelah jaksa KPK Ali Fikri mengatakan bahwa adanya aliran dana korupsi ini pada Rabu (31/5/2017), Amien langsung mem-follow up dan menanyakan pada sang istri tentang kebenarannya pada rekening bank yang ia miliki.

Karena kasus ini sudah berjalan 10 tahun yang lalu, Amien Rais mencoba mengingat kembali perihal Soetrisno Bachir terus memberikan bantuan keuangan untuk tugas operasionalnya agar tidak membebani pihak lain.

Ia mengaku bahwa memang sering mendapatkan bantuan dana dari Soetrisno Bachir untuk kepentingan operasionalnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Soetrisno adalah tokoh yang baik dan dermawan yang sering membantu banyak pihak.

Hubungannya dengan Soetrisno Bachir sudah terjalin lama sejak sebelum PAN lahir pada tahun 1998.

Sejak Soetrisno menjadi pengusaha sukses saat itu, Amien Rais sudah sering mendapatkan bantuan dana darinya, baik untuk kegiatan sosial maupun keagamaan.

Amien Rais pun pernah menanyakan kepada Soetrisno Bachir, perihal bantuan apapun yang ia dapatkan darinya.

Oleh karena itu Amien merasa wajar ketika ia terus mendapatkan tawaran bantuan operasional yang diberikan oleh Soetrisno Bachir.

Amien menegaskan bahwa dirinya akan menghadapi kejadian 10 tahun lalu yang diangkat kembali dengan bumbu-bumbu dramatisasi di media massa dengan jujur, tegas, dan apa adanya.

Ia mengatakan pada tahun 2007, ia sudah tiga tahun tidak lagi menjabat pejabat, yang saat itu adalah Ketua MPR.

Namun, bantuan dari Soetrisno Bachir yang berlangsung enam bulan pada tahun 2007 tersebut kini menjadi topik berita yang sangat menarik dan harus ia ikuti secara tegas dan berani.

Karena dana yang diberikan Soetrisno Bachir tersebut dicurigai berasal dari dana pengadaan alat kesehatan tersebut.

Jawaban Amien Rais soal Isu Terseret di Kasus Dana Alkes, Justru Seret 2 Nama Tokoh Besar

Maka dari itu, hari Senin 5 Juni 2017 mendatang, Amien Rais akan berkunjung ke kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjelaskan duduk persoalannya.

"Karena itu, pada Senin mendatang, saya akan berkunjung ke kantor KPK untuk menjelaskan duduk persoalannya sebelum saya berangkat umroh pada 8 Juni nanti," kata Amien Rais.

Ia khawatir jika nanti KPK memanggil saat dirinya umrah nantinya akan dikatakan Amien Rais lari dari tanggung jawab.

Setelah itu, Amien Rais pun langsung menutup keterangan persnya saat itu dan mengatakan bahwa awak media boleh bertanya apa pun setelah kunjungannya ke KPK Senin mendatang, begitu juga untuk masalah laporan dugaan kasus korupsi yang menyeret dua tokoh besar Indonesia.

Keterangan pers yang ia gelar saat ini memang bertujuan untuk meredam segala spekulasi yang bisa saja beredar di mana saja. (TribunWow.com/Natalia Bulan Retno Palupi)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer