BREAKING NEWS: Kapolda Lampung Perintahkan Agar Minyak Goreng Candi Mas Ditarik dari Peredaran

Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Sudjarno meminta aparatnya bersama instansi terkait menarik peredaran minyak goreng merek Candi Mas dan CS 900 dari pasaran.

Itu karena minyak goreng tersebut tidak aman dikonsumsi.

Pernyataan Sudjarno disampaikan setelah melihat tempat produksi minyak goreng Candi Mas di Jalan Pekon Ampai, Kelurahan Keteguhan, Telukbetung Timur, Jumat (2/6/2017) sore.

Menurut Sudjarno, minyak makan tersebut tidak aman dikonsumsi karena kandungannya tidak jelas.

“Kandungan yang ada di minyak goreng tersebut tidak sesuai dengan kandungan yang tertera di kemasan. Untuk itu, minyak ini harus segera ditarik peredarannya dari pasaran karena bisa membahayakan konsumen,” ujar mantan Wakapolda Metro Jaya itu.

Sudjarno memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan, dinas kesehatan, dan stakeholder terkait, untuk menarik produk tersebut.

Apalagi, produk itu sudah beredar sejak dua tahun lalu.

Dalam satu hari, perusahaan PT Asia Perkasa memproduksi minyak goreng Candi Mas dan CS 900 sebanyak tiga ribu kardus hingga empat ribu dus.

Produk itu didistribusikan di pasar-pasar tradisional di seluruh Lampung.

Selain kandungannya, minyak goreng Candi Mas dan CS 900 juga tidak dilengkapi dengan label SNI dan halal serta izin edar.

Kemasan minyak goreng itu memang mencantumkan izin edar, label SNI, dan logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun, kata Sudjarno, setelah dicek, label SNI, logo halal, dan izin edarnya telah habis masa berlaku.

Polisi menggerebek tempat produksi minyak tersebut pada Rabu (31/5/2017).

Dari lokasi tersebut, polisi menyita barang bukti berupa 11.400 dus minyak goreng Candi Mas dan 4.980 dus minyak goreng CS 900.

Polisi juga sudah menetapkan pemilik perusahaan berinisial EB sebagai tersangka.

Polisi menyatakan, EB telah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam UU Pangan dan UU Perlindungan Konsumen.





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer