Kakek Sariban, Pejuang Kebersihan dari Kota Bandung yang Mendunia

Kota Bandung, Jawa Barat kerap menjadi pilihan berlibur warga ibu kota. Ya, Kota Kembang ini memang memiliki keindahan, kenyamanan, dan kebersihan yang membuat warga betah berlama-lama di sana.

Namun siapa sangka, di balik keindahan dan kebersihan Bandung ada sosok kakek Sariban. Dia
 begitu menginspirasi dan bahkan mendunia. Apa istimewanya?

Pada Sabtu 27 Mei 2017, akun Twitter @AJEnglih atau Aljazeera English, telah memposting kisah hidup kakek Sariban pada sebuah video yang berdurasi kurang lebih 3 menit. Dalam postingan tersebut bertuliskan keterangan, I am crazy. Hygiene crazy. Meet Indonesia's trash vigilante. #AJShorts.

Kakek Sariban
© 2017 otonomi.co.id/youtube.com/Al Jazeera English


Kakek Sariban adalah sosok pejuang kebersihan asal Bandung. Setiap hari, dia menyempatkan waktunya untuk berkeliling Kota Bandung dengan sepeda tuanya dan menyapu serta membersihkan sampah. Semua dia bersihkan, mulai dari taman kota, jalan-jalan, dan tempat umum lainnya.

"Pertama kali sayang dianggap gila. Orang sinting. Orang edan. Tapi gila kerja, gila kebersihan," tutur kakek berusia 74 tahun itu dalam video tersebut.

Kakek Sariban menceritakan pada 1983 Kota Bandung itu kotor. Banyak kali meluap karena sampah dan masyarakatnya tidak peduli. Sejak itulah, Sariban memutuskan untuk terjun langsung ke jalan-jalan hingga saat ini.

Tak hanya menyapu dan membersihkan sampah, Sariban juga mengajak masyarakat untuk sadar akan kebersihan. Dia tak segan berteriak-teriak ke semua orang di sekitarnya agar tidak membuang sampah sembarangan.

Kakek Sariban
© 2017 otonomi.co.id/youtube.com/Al Jazeera English


Dalam menjalankan aksinya, kakek Sariban berpakaian kuning. Membawa dua tong sampah organik dan an-organik di sepedanya.

Hebatnya, aksinya ini dilakukan tanpa mengharap imbalan atau apapun. Kakek yang murah senyum ini melakukan aksinya tulus dari hati. Dia hanya ingin kotanya bersih dan masyarakat sadar akan kebersihan.

Kini, nama kakek Sariban tak hanya terkenal di Bandung melainkan sudah mendunia berkat hati mulianya.


umber :




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer