Doa Misa Umat Katolik Untuk Umat Islam Viral Di Media Sosial, Ini Tanggapan Buya Syafii Maarif

Media sosial Facebook, dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto, yang didalamnya terpotret sebuah doa untuk umat Islam, yang sedang menyambut ibadah puasa di bulan Ramadan.

Dari keterangan yang tertulis dalam unggahan, diketahui jika foto tersebut berasal dari misa di salah satu gereja katolik di Yogyakarta.

Si pengunggah foto, Algonz Dimas Bintarta Raharja mengaku bahwa dirinya mendapat foto tersebut dari linimasa Line milik seorang temannya.

Dimas juga mengucapkan selamat berbuka dan doa agar umat Islam dilimpahi kesehatan ketika mengunggah foto tersebut.

"Selamat berbuka di hari pertama Ramadhan ini para kerabat sesama manusiaku yg menjalani nitilaku puasa Ramadhan 1438 H.

Tetap sehat tetap semangat, tetap damai, berdamai dengan lingkungan sekitar dan diri sendiri. Rahayu

foto: teks doa umat pada suatu misa di salah satu gereja katolik di Yogyakarta. Dicatut dari linimasa Line milik seorang teman," tulis status Dimas di akun Facebooknya.

Dalam foto unggahan Dimas tersebut tampak secarik kertas yang berisi doa untuk umat Islam.

Doa itu terkait dengan bulan Ramadan yang telah dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia.

Berikut ini isi doa yang tertulis dalam secarik kertas tersebut.

"Bulan Ramadan segera tiba. Saudari-saudara kita, umat Islam, menantikannya dengan rindu untuk menjalan ibadah puasa."

"Bapa, limpahilah mereka rahmat kesehatan agar menunaikan ibadahnya dengan baik. Jadikanlah kami saudara yang toleran bagi mereka."


Unggahan Dimas ini menjadi viral dan mendapat banyak komentar bernada positif dari netizen.

Para netizen menilai jika foto tersebut merupakan cerminan dari Bhinneka Tunggakl Ika dan kerukunan antar umat.

Fiyan Adam Julian, "Semoga ke bhinekaan indonesia kembali bersatu."

Herman Krijgsman, "Ini salah satu pembelajaran buat kita semua, tentang indahnya "damai" itu. God Bless You Kawan! Salam damai bagi kita semua."

Alfatih Se Lerok, "Trimakasih kawan. Kau mnghormati kami umat muslim kami jg mnghormati agamamu. Salam damai 1 bangsa. Keyakinan agama adalah milik setiap individu. Tapi persodaraan adalah milik kita semua sebagai 1 bangsa."

Tanggapan Buya Ahmad Syafii Maarif

Mantan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif ternyata masih memantau perkembangan kondisi bangsa saat ini.

Pria yang pada hari ini, Rabu (31/5/2017) telah genap berusia 82 tahun ini juga tak luput memantau isu-isu viral terkini yang ada di media sosial.

Ia juga mengetahui adanya sebuah foto yang berisi doa untuk umat Islam saat misa di salah satu gereja katolik di Yogyakarta.

Menurut Buya, foto tersebut menunjukkan hal positif di tengah maraknya isu perpecahan karena perbedaan.

“Perbedaan ada, tapi kita dalam persaudaraan,” tutur Buya ketika ditemuji di Masjid Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (31/5/2017), dikutip dari Kompas.com.

Ia juga menilai jika foto tersebut menunjukkan jika setiap umat beragama bisa saling mendoakan untuk kebaikan.

“Hal itu juga untuk merekatkan hubungan lintas iman kan kita satu bangsa,” kata Buya.

(TribunWow.com/Fachri Sakti Nugroho)





Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer