Arsul Sani: Pekan Ini Pembahasan UU Teroris Dipertajam

Arsul Sani, salah satu anggota pansus Revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme (RUU Terorisme) mengatakan pekan berjalan ini pembahasan RUU Terorisme dipertajam.

Pembahasan menyangkut Daftar Inventarisasi Masalah (DIM). Total DIM 112 dan separuhnya sudah diselesaikan dalam masa sidang lalu. Ratusan DIM itu sebagiannya bukan masalah mendasar yang membuat pembahasannya jadi alot.

Presiden Jokowi sesaat setelah tragedi bom bunum diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur, berharap pemerintah dan DPR segera menyelesaikan revisi UU terkait terorisme (UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme/RUU Terorisme).

Inti harapan Presiden Jokowi agar Undang-Undang yang sudah dibahas itu memudahkan aparat keamanan melakukan pencegahan tindak terorisme.

"Kita ingin pemerintah dan DPR segera menyelesaikan Undang-Undang Anti Terorisme sehingga akan memudahkan aparat penegak hukum agar memiliki sebuah landasan yang kuat. Dan lebih mampu melakukan upaya pencegahan sebelum kejadian itu terjadi. Ini yang paling penting," kata Jokowi.

Perangkat atau payung hukum penindakan terorisme selama ini adalah penindakan paska aksi terorisme. Padahal aparat keamanan mengetahui kemungkinan akan terjadinya aksi terorisme namun tak bisa dicegah karena tidak ada payung hukumnya.

Reporter : Dominikus Lewuk
Editor: Hila Japi




Loading...
loading...
loading...
Warning!!!situs ini hanya bertujuan untuk menyampaikan berita dari situs-situs berita terpercaya yang ada di indonesia. Situs ini tidak membuat berita sendiri, situs ini hanya mempermudah para perselancar internet untuk mendapatkan berita-berita terbaru yang ada di indonesia. Di akhir artikel berita, Kami menanamkan "Link Sumber" untuk mengetahui sumber tersebut berasal. Terimakasih :)

Populer